Mengenal Pulau Aogashima Pulau Topografi Unik

Image: Mengenal Pulau Aogashima Pulau Topografi Unik

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Sama halnya dengan Indonesia, Jepang adalah negara kepulauan. Ada banyak pulau yang bisa dijadikan destinasi wisata, salah satunya adalah pulau Aogashima. Jaraknya ialah 358 kilometer dari selatan Tokyo dan dihuni kurang lebih 160 orang penduduk.

Penasaran, seperti apa keunikan pulau Aogashima? Dan bagaimana caranya untuk menuju kesana?

1. Pulau terpencil ini adalah bagian dari kepulauan Izu

Pulau Aogashima merupakan pulau vulkanik yang jaraknya 358 kilometer dari selatan Tokyo dan merupakan bagian dari kepulauan Izu. Meski terpencil, pulau ini memiliki topografi yang menarik. Pulau ini dikelilingi oleh tebing dan membuat bentuknya mirip dengan mangkuk besar, jelas laman Go Tokyo.

Rupanya, topografinya yang unik memiliki asal-usul tersendiri. Di tahun 1785, terjadi letusan dahsyat dan membentuk kaldera di pulau ini. Akibatnya, pulau ini tidak dihuni selama 50 tahun sejak letusan itu terjadi. Sebanyak 130-140 orang dari 327 orang penduduk tewas akibat erupsi ini.

2. Dapat dicapai melalui Hachijojima

Penasaran, bagaimana cara menuju kemari? Satu-satunya jalan ialah melalui Hachijojima, pulau yang lebih besar dan jaraknya 70 kilometer di sebelah utara Aogashima. Hachijojima mempunyai bandara, sehingga kamu bisa menuju Aogashima lewat jalur udara. Ada pelabuhan juga di sana.

Kamu bisa naik helikopter dengan waktu penerbangan 2 jam, tetapi harus reservasi terlebih dahulu. Sementara, jika kamu memutuskan naik kapal, maka waktu tempuh akan menjadi lebih lama, yakni 14 jam. Jika terjadi cuaca buruk dan gelombang besar, maka transportasi menuju Aogashima berhenti sementara.

3. Ada beberapa fasilitas menarik di pulau ini

Berada di Aogashima berarti menjalani kehidupan yang tenang dan lambat. Di pulau ini, hanya ada satu toko, satu kantor pos dan dua bar. Di bar ini, kamu bisa mencicipi hidangan lokal serta Aochu, minuman mirip vodka yang terbuat dari ubi yang memiliki kadar alkohol 30 persen. Jika ingin berinteraksi dengan warga setempat, pergilah ke bar, saran laman Go Tokyo.

Untuk akomodasi, di pulau ini ada beberapa penginapan bed and breakfast (B&B) yang kecil dan sederhana. Selain itu, kamu bisa bersantai di sauna. Kamu juga bisa mendaki di Maruyama dan melihat pemandangan bunga, pepohonan dan satwa liar, jika beruntung, tutur laman Japan Guide.

4. Kamu bisa menikmati keindahan langit di malam hari

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di malam hari adalah stargazing alias melihat konstelasi bintang. Stargazing bisa dilakukan di bagian mana pun di pulau Aogashima, tetapi tempat terbaik berada di pantai utara di pulau ini, saran laman Japan Guide.

Di sana sangat sunyi dan gelap, tidak ada rumah atau bahkan lampu jalan, sehingga langit akan lebih cerah karena tidak ada polusi cahaya. Tempatnya pun tenang dan jauh dari polusi suara. Kamu juga bisa melakukan stargazing di Oyamatenbo Park.

 

itulah beberapa fakta seputar pulau Aogashima, so apakah kalian berencana ingin kesana?(KRO/RD/IDN)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com