Bingung Berakhir Pekan Kemana? Air Terjun C2 Bukitpading Lubukpabrik Pilihannya

Image: Bingung Berakhir Pekan Kemana? Air Terjun C2 Bukitpading Lubukpabrik Pilihannya

RADARINDO.co.id-Babel:

Air Terjun C2 Bukit Pading Desa Lubukpabrik, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Bangka Belitung (Babel) masih terjaga keasrian dan kelestarian lingkungannya, jika dikembangkan dan dikelola lebih baik maka objek wisata ini sangatlah potensial menyedot perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Pantauan awak media di lokasi Air Terjun C2 Bukit Pading pada Senin (29/6) sore, tampak puluhan sepeda motor dan mobil terparkir di areal objek wisata tersebut. Pengunjung silih berganti berdatangan untuk menikmati suasana keindahan alam, suara gemericik air yang nyaring terdengar, pengunjung yang berselfie ria di spot-spot terbaik, anak-anak yang bermain di aliran air yang surut dan datar, hingga pengunjung yang mencoba adrenalin dengan meloncat terjun bebas dari atas batu menuju sendang yang jernih dan sejuk di bawahnya. Sorak sorai gembira terdengar, suasana akrab, kebersamaan dan kekeluargaan terasa membuat kita melupakan sejenak rasa penat, letih dan lelah di Air Terjun C2 Bukit Pading Desa Lubukpabrik ini.

Kendati masih terjaga keasrian alamnya, namun sejauh ini pengunjung yang berdatangan ke lokasi air terjun belum dipungut iuran kebersihan dan keamanan, sehingga terkadang masih didapati beberapa jenis sampah plastik berserakan karena masih ada pengunjung yang kurang menyadari pentingnya menjaga kebersihan.

“Air terjun C2 Bukit Pading Desa Lubukpabrik ini sangat indah, banyak spot-spot selfie bagus disini. Selain itu, udaranya sejuk dan airnya jernih lagi bersih,” ujar Nurul Husna (14) salah seorang Santriwati Pontren Al-Ittifaqiah, Indralaya, Ogan Ilir, Sumsel yang tengah mengisi masa libur sekolahnya di Pulau Bangka.

Hanya saja, Husna sapaan akrabnya, sangat menyayangkan masih ada sampah-sampah plastik yang berserakan di kawasan air terjun ini, pastinya karena berbagai faktor mulai dari ada pengunjung yang kurang kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan, hingga minimnya ketersediaan kotak sampah di lokasi.

“Alangkah lebih baik, jika objek wisata ini dikelola lebih baik lagi dengan kelengkapan sarana dan fasilitas bagi pengunjung yang datang, mengingat lokasi wisata ini cukup jauh jika ditempuh dari Kota Pangkalpinang memakan waktu kurang lebih 2jam, juga jalan menuju lokasi yang belum beraspal dan pemandu wisata. Pastinya, pengunjung takkan keberatan bila dipungut semacam karcis masuk atau iuran kebersihan dan keamanan saat datang kesini.

Agar pengunjung bisa lebih aman dan nyaman, semoga kedepan objek wisata alam dan oksigen Air Terjun C2 Bukit Pading Desa Lubukpabrik ini lebih baik dan berkembang serta semakin banyak menyedot wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara,” harap Husna saat dibincangi awak media di lokasi air terjun.

Sementara itu, Pjs Kades Lubukpabrik, Pitermen saat dikonfirmasi awak media via selulernya mengatakan, jika objek wisata tersebut tengah dikembangkan secara bertahap melalui anggaran Dana APBDes. “Saat ini objek wisata air terjun C2 Bukitpading itu, masih dalam pengembangan. Kami telah anggarkan melalui APBDes, selain usulan bantuan sarana pengaspalan jalan menuju lokasi ke Pemda Bateng,” katanya.

Pjs Kades juga menghimbau, agar pengunjung senantiasa bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkunjung di objek wisata tersebut. “Kebersihan harus kita jaga bersama, lingkungan bersih alam lestari pastinya akan memberikan manfaat positif bagi kita semua,” katanya.

Senada ditambahkan Ketua BPD Lubukpabrik, Parno, setiap tahunnya sejak 2016 lalu, secara bertahap melalui dana APBDes dilakukan pembangunan yakni penimbunan jalan tanah puru dari simpang jalan masuk utama menuju lokasi Air Terjun C2 Bukitpading tersebut.

“Saat ini, akses jalan menuju lokasi sudah dipuru, pengusulan untuk pengaspalan jalan sudah kami usulkan ke Pemda Bateng kalau tak ada halangan mungkin 2021 atau 2022 nanti siap diaspal,” katanya.

Selain itu, demi menjaga kebersihan dan keamanan di lokasi objek wisata air terjun tersebut, maka pihak desa telah membuat Perdes iuran keamanan dan kebersihan yang akan diberlakukan sejak Minggu akhir pekan ini, agar pengunjung semakin merasa aman dan nyaman. Untuk iuran kebersihan dan keamanan sesuai Perdes, bagi pengunjung yang datang memakai sepeda motor ditetapkan Rp5ribu dan pengunjung yang datang menggunakan mobil Rp10ribu.

“Pastinya, Perdes dibuat untuk menjaga kebersihan dan keamanan para wisatawan serta tak memberatkan,” katanya.

Sebelumnya, untuk antisipasi penyebaran wabah pandemi Covid19 objek wisata Air Terjun C2 Bukitpading ini sempat ditutup sementara. “Namun saat ini, baru dibuka lagi dan pengunjung belum dipungut iuran kebersihan dan keamanan. Kita tetap himbaukan, agar pengunjung senantiasa tetap menjaga kesehatan dan menjaga jarak aman serta pergunakan masker,” pungkasnya. (KRO/RD/Andrian)

www.radarindo.co.id
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com