Warga Desa Huta Toruan III Yang Terdampak Covid 19 Terima BLT DD Tahap Awal Tahap

Warga Desa Huta Toruan III Yang Terdampak Covid 19 Terima BLT DD Tahap Awal Tahap

RADARINDO.co.id – Taput : Warga terdampak Covid-19 yang ada di Desa Hutatoruan III, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), hari ini mulai menerima pencairan tahap awal Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD).

Kegiatan pencairan BLT-DD kepada masyarakat tersebut berlangsung di kantor Desa Huta Toruan III dan disaksikan kepala Desa Robert JH. Sipahutar, Camat Tarutung Reinhard Lumban Tobing, Kepala Dinas PMD Donny Simamora yang diwakili Kabid Penataan Desa, Rudi Sitanggang, Bhabinkamtibmas Bripka Frengki Siregar Babinsa Serda M. Fahri Arif, Ketua BPD Firman Lumban Tobing, dan Pendamping Desa Julia Panjaitan, Kamis (4/6/2020).

Robert Sipahutar selaku Kades Huta Toruan III dalam kegiatan pemberian BLT-DD menegaskan “Bantuan ini diperuntukan bagi warga masyarakat miskin yang terdampak covid-19 juga mereka yang belum mendapatkan bantuan sembako, PKH dan bansos lainnya” ucapnya.

Masih kata Robert Sipahutar, pendataan penerima BLT-DD ini juga diakui sudah dilakukan dengan baik. Pendataan kami awali dari verifikasi melalui Musyawarah Desa (Musdes) secara khusus agar dengan tujuan bantuan ini benar-benar tepat sasaran, obyektif, transparan dan yang terpenting tidak double dengan bantuan yang lainnya.

Sementara itu ditempat yang sama Camat Tarutung Reinhard Lumban Tobing menjelaskan, sesuai dengan Permendes No.6 Tahun 2020 tentang perubahan prioritas penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk BLT yang besarnya maksimal 25 persen dari pagu alokasi dana desa yang diperuntukkan bagi keluarga miskin terdampak covid 19.

Adapun jumlah KK penerima BLT Desa Huta Toruan III berjumlah 10 KK, setiap KK menerima Rp600 ribu yang akan dibayar selama tiga bulan.

Saya berharap kepada setiap KK penerima BLT DD agar dana tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membiayai kebutuhan hidup, dan kita harus selalu lakukan anjuran pemerintah selalu pake masker dan rajin mencuci tangan, jelasnya.

Sementara itu, warga Desa Huta Toruan III menyampaikan, adanya penyaluran BLT DD ini merupakan bentuk kesungguhan desa untuk melayani dan membantu masyarakat. Katanya, program ini merupakan bentuk nyata bahwa, Negara, Mendes, dan Pemdes benar benar hadir memberikan solusi kepada masyarakat di tengah pandemi Virus corona atau Covid-19 yang sangat berdampak terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat.

“Berkat kerjasama antara Pemerintah Desa serta perangkat desa, Pendamping Desa, program BLT DD ini bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran”, ucapnya.

Masyarakat yang menerima BLT DD juga menyampaikan banyak terimakasih kepada pemerintah desa dan pemerintah pusat. “Dengan adanya bantuan itu keluarga kami yang terdampak langsung dengan pandemi covid-19 merasa terbantu dan meringankan beban Keluarga kami”, sebutnya. (KRO/RD/Reno. H)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com