DPRD Pakpak Bharat Sampaikan 66 Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati TA2019

DPRD Pakpak Bharat Sampaikan 66 Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati TA2019

RADARINDO.co.id- Pakpak Bharat: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pakpak Bharat menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Pakpak Bharat Tahun Anggaran (TA) 2019.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, Sonni P. Berutu, S.Th, didampingi Wakil Ketua DPRD, Elson Angkat, Wakil Ketua DPRD, Mansehat Manik, Pj Bupati Pakpak Bharat, H. Asren Nasution, Rabu (03/06). Sedikitnya ada 63 rekomendasi  yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten Pakpak Bharat terkait pengelolaan penggunaan anggaran dan pembangunan di kabupaten Pakpak Bharat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Sonni Berutu, S.Th , mengatakan bahwa rekomendasi DPRD ini dimaksudkan, sebagai catatan bagi kepala daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah kedepannya. Rekomendasi tersebut berupa catatan-catatan strategis yang berisi saran, masukan atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi dan tugas yang dituangkan dalam keputusan DPRD.

Pj. Bupati Pakpak Bharat telah menyampaikan nota pengantar tentang laporan pertanggung jawaban pada tanggal 6 Mei 2020. sebagai bagian dari tanggung jawab kepala daerah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2019 . Selanjutnya, melalui lembaga komisi-komisi DPRD bersama dengan perangkat daerah yang menjadi mitra kerja, DPRD telah memeriksa dan mengkaji LKPJ kepala daerah TA 2019 dan telah merampungkan berbagai hal yang telah menjadi poin penting sebagai evaluasi pelaksanaan anggaran dan pembangunan oleh pemda tahun anggaran 2019 di masa yang akan datang.

Selanjutnya, kata Sonni panitia khusus telah melakukan pembahasan berdasarkan laporan LKPj tersebut dan dilakukan dengan kunjungan lapangan, rapat dengar pendapat (RDP) dan kegiatan lain terkait dengan pembahasan LKPj.

“Panitia khusus telah menyampaikan laporan tersebut pada paripurna DPRD kemarin, dan DPRD telah memutuskan rekomendasi sehingga apa yang telah dibacakan juru bicara bagian dari keputusan DPRD yang telah disepakati,” ungkapnya.

Wakil ketua DPRD Pakpak Bharat, Elson Angkat yang sebagai Juru bicara DPRD Pakpak Bharat, menyampaikan tujuan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Pakpak Bharat tahun anggaran 2019 untuk memberikan rekomendasi perbaikan kinerja kepala daerah dalam menjalankan tugasnya selama tahun anggaran 2019 yang lalu.

Beberapa rekomendasi yang dibacakan juru bicara DPRD Pakpak Bharat Elson Angkat diantaranya, yaitu di bidang pendidikan, mahasiswa yang telah diberikan beasiswa terus diberikan bantuan sampai tamat, namun harus sesuai dengan kriteria sebagaimana ditetapkan melalui peraturan bupati.

Perlunya peningkatan anggaran untuk pembinaan dan pelatihan bagi putra/putri Pakpak Bharat untuk melamar ke TNI/ Polri agar mereka sukses dan berhasil. Rekomendasi di bidang Kesehatan, distribusi obat dari dinas kesehatan ke Puskesmas di Pakpak Bharat agar lebih di percepat, permasalahnnya ketersediaan obat di puskesmas sering kosong dan tidak siap.

Di bidang Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, meningkatkan kualitas perencanaan pengerjaan dan pengawasan dalam pekerjaan fisik dan OPD dapat memprioritaskan perbaikan kerusakan jalan antar desa dan kecamatan.

Sedangkan di bidang Sosial, supaya bantuan kepada masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat agar tepat sasaran kepada maayarakat. Ketanagakerjaan, supaya rekrutmen tenaga kerja untuk TKI dan pelatihan- pelatihan tenaga kerja dapat lebih di tingkatkan, pasalnya minimnya ketersediaan tenaga kerja siap pakai.

Selanjutnya di bidang Komunikasi dan Informatika, agar pemerintah dapat mendorong pihak operator telekomunikasi untuk memasang jaringan ke Desa-Desa serta agar Kominfo membangun jaringan internet di seluruh desa Kabupaten Pakpak Bharat.

Bidang Kepemudaan Dan Olahraga, yaitu meningkatkan anggaran untuk mengikuti kejuaraan di tingkat provinsi dan nasional karena membawa nama kabupaten Pakpak Bharat dan mengalokasikan anggaran pembinaan untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi.

Kebudayaan, pengadaan alat musik tradisional Pakpak di desa-desa, masalahnya alat musik tradisional belum tersedia dan pemerintah dapat mengalokasikan anggaran untuk pelaku adat dan pelaku budaya serta mengalokasikan anggaran kegiatan untuk penghargaan para pelaku seni, seperti pencipta lagu dan arrasement.

Di bidang pertanian, agar bantuan bibit jagung yang berasal dari APBD, Provinsi dan Pusat agara diseleksi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi topografi Pakpak Bharat dan meminta pemerintah untuk melakukan kajian keberlangsungan balai benih ikan cikaok dan kebun inti gambir untuk disampaikan ke DPRD.

Demikian pula bidang Administrasi Pemerintahan mengenai tapal batas agar bagian tata pemerintahan sekretariat daerah agar menuntaskan tapal batas kabupaten Pakpak Bharat dengan kabupaten tetangga. Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Asren Nasution, menyampaikan rasa terima kasihnya sembari mengapresiasi pihak DPRD atas penyampaian rekomendasi ini, terkhusus di saat pandemi Corona atau Corona Virus Diseases 19 (COVID 19), yang merupakan amanah dari UU no. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Ini adalah bentuk transparansi dan bukti kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan atas pelaksanaan tugas dan pencapaian kinerja tahun 2019,” ujarnya. Ditambahkannya, bahwa Pemkab Pakpak Bharat menyambut positif hasil pembahasan tersebut karena diyakini bahwa seluruh yang tercantum didalamnya merupakan hasil kajian yang dilakukan secara mendalam berdasarkan hasil rapat dengan perangkat daerah.

“Sehingga evaluasi yang akan dilakukan pemerintah sebagai tindak lanjut rekomendasi akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran sesuai dengan jenis rekomendasi yang disampaikan,” ucap Asren lebih lanjut.

“Hal ini juga bentuk adanya jalinan kemitraan yang harmonis dan sinergis untuk saling melengkapi usaha bersama dalam mengambil kebijakan untuk mengelola pemerintahan dan pembangunan,” sambungnya, seraya sekali lagi menghaturkan terima kasih yang tulus kepada DPRD karena menyemangati pihak eksekutif dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat. (KRO/RD/D. Berutu)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com