Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis dari PLN

Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis dari PLN

RADARINDO.co.id – JAKARTA : Pemerintah Indonesia telah merealisasikan program listrik gratis PLN selama tiga bulan bagi pelanggan PLN daya 450 VA. Sementara bagi pelanggan PLN berdaya listrik 900 VA akan diberlakukan subsidi diskon 50 persen.

Hal tersebut merupakan kebijakan Presiden Jokowi untuk memberikan penangguhan dan potongan harga ditengah pandemi Corona melanda Indonesia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan pembayaran listrik gratis kepada pelanggan PLN daya 450 VA, berlaku selama tiga bulan yang berlaku April, Mei, dan Juni 2020. Sedangkan pelanggan berdaya listrik 900 VA, akan diberlakukan subsidi diskon 50 persen pada kurun waktu yang sama.
Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pelanggan PLN daya 450 VA diberikan gratis. Dan tidak semua pelanggan PLN berdaya 900 VA mendapatkan diskon 50 persen.

Kode yang mendapatkan listrik gratis atau diskon 50 persen dari pemerintah yakni, R1/450 VA (Gratis), R1T/450 VA (Gratis), R1/900 VA (Diskon), dan R1T/900 VA (Diskon).

Selanjutnya, untuk kode R1M/900 VA dan R1MT/900 VA tidak mendapatkan jatah diskon 50 persen. Karena kode M pada token menunjukkan jika pelanggan berkategori ‘Mampu’.

Apabila daya listrik di rumah sudah memenuhi syarat, langkah berikutnya adalah mengklaim token listrik gratis dari pemerintah. Untuk pengguna listrik prabayar, ada dua kategori yang bisa dilakukan untuk mengklaim token listrik gratis, yakni lewat laman resmi www.pln.co.id dan via WhatsApp. Namun, klaim via WhatsApp belum bisa dilakukan karena terdapat beberapa kendala.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam video conference, Jum’at (3/4) kemarin mengatakan, jika WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN.

“Untuk nomor WhatsApp memang hari ini mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi,” tutur Darmawan, dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (4/4).

Darmawan memproyeksikan, klaim token gratis melalui WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa dilakukan pada Senin (6/4). Meskipun begitu, masih ada cara klaim token listrik gratis lewat laman resmi di www.pln.co.id.

Yakni dengan cara buka laman www.pln.co.id. Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.go.id. Masuk ke menu ‘pelanggan’, pilih ‘stimulus Covid-19’. Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia.

Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar. Token listrik gratis tersebut tinggal dimasukkan ke meteran yang ada di rumah. Masukkan kode token listrik sesuai dengan ID pelanggan yang didaftarkan tadi. (KRO/RD/Trb)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com