Ini Jenis Kerang yang Berbahaya Dikonsumsi

Ini Jenis Kerang yang Berbahaya Dikonsumsi

RADARINDO.co.id : Pecinta kerang pasti familiar dengan jenis kerang yang satu ini. Kerang dara atau juga dikenal sebagai kerang darah, kerang dagu, atau bugur paling banyak ditemukan di daerah Asia. Jenis kerang ini biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, digoreng, atau dijadikan sate.

Kerang dara cukup mudah dikenali karena saat dibuka, terdapat cairan merah seperti darah yang menjadi ciri khasnya. Konon, di dalam cairan merah tersebut, terdapat kandungan hemoglobin yang bermanfaat untuk tubuh dalam menambah sel darah merah.

Tapi anda harus ekstra hati-hati saat makan kerang dara karena jenis kerang ini masuk dalam daftar 17 makanan paling berbahaya seperti yang ditulis di nytimes. Kerang ini dianggap berbahaya karena mengandung virus dan bakteri, seperti hepatitis A, tifoid yang menyebabkan tifus, dan disentri yang menyebabkan diare berdarah.

Namun perlu digarisbawahi, kerang dara yang paling berbahaya biasanya berasal dari perairan China, jadi sebelum mengkonsumsi kerang ini, ada baiknya untuk menanyakan dari perairan mana asal kerang tersebut. (KRO/RD/NST)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com