Beberapa Ciri Bebek Mandarin yang Unik dan Indah

Beberapa Ciri Bebek Mandarin yang Unik dan Indah

RADARINDO.co.id : Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang sering diternak untuk diambil telur dan dagingnya. Bebek merupakan nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae.

Bebek memiliki beberapa jenis, yaitu bebek petelur, bebek pedaging dan juga bebek hias. Di Indonesia, ada beberapa macam bebek hias yaitu mandarin, carolin, aylesbury dan mallard.

Bebek mulai diperkenalkan oleh orang India pada abad ke VII. Untuk jenis bebek lokal di Indonesia biasanya sering digunakan untuk bebek petelur.

Bebek mandarin atau Aix galericulata adalah jenis unggas yang berasal dari Tiongkok. Selain di Tiongkok, mandarin duck sudah banyak ditemukan di Korea, Jepang, Inggris, Rusia dan negara-negara yang ada di Benua Amerika.

Mandarin duck memiliki kekerabatan dengan bebek carolin atau bebek kayu. Bebek carolin berasal dari Amerika Utara. Di negara asalnya mandarin duck dipercaya sebagai lambang cinta. Karena mandarin duck hanya menyukai satu pasangan dan tidak mau berpoligami.

Mandarin duck memiliki bulu yang indah dan cantik. Tak sedikit orang yang mengatakan bahwa mandarin duck adalah bebek terindah. Ciri-ciri mandarin duck yaitu memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan bebek lokal yang ada di Indonesia.

Berat badan bebek mandarin berukuran sekitar 500-700 gram, panjang 41-49 cm dengan bentang sayap 65-75 cm. Mandarin duck bisa hidup selama 20 tahun lebih.

Untuk warna bulu mandarin duck yang berjenis kelamin jantan yaitu ungu yang dicampur garis putih di bagian dada, merah di bagian paruh serta putih di bagian atas mata. Sedangkan bebek mandarin yang berjenis kelamin betina yaitu cincin di sekitar mata berwarna putih, kepala abu-abu dan bintik-bintik di sebagian tubuh berwarna abu-abu.

Untuk habitat asli mandarin duck berada di sungai, rawa-rawa serta hutan yang ada airnya. Mandarin duck termasuk hewan yang suka hidup berkelompok. Mereka akan membentuk kelompok-kelompok kecil di habitatnya.

Mandarin duck senang mengapung di permukaan air. Meskipun sering mengapung di air, bulu mandarin duck tetap indah karena pada bulu mandarin duck dilapisi cairan minyak jadi akan tetap terjaga. (KRO/RD/JAH)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com