Presiden Turki Minta Rakyatnya Tinggal di Rumah Selama Tiga Minggu

Presiden Turki Minta Rakyatnya Tinggal di Rumah Selama Tiga Minggu

RADARINDO.co.id – ANKARA : Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, meminta rakyatnya untuk tinggal di rumah selama tiga minggu. Hal itu sebagai upaya meminimalkan kontak sosial hingga ancaman virus corona. Meskipun demikian, Erdogan tidak mengatakan kepada rakyat Turki untuk meninggalkan pekerjaan mereka.

“Tak satupun dari warga negara kami harus meninggalkan rumah mereka atau melakukan kontak dengan siapapun, kecuali jika benar-benar diperlukan, sampai ancaman itu hilang. Warga kami yang akan pergi ke kantor harus langsung kembali ke rumah setelah mereka selesai bekerja,” kata Erdogan dalam pidatonya setelah pertemuan para pejabat tinggi di Ankara untuk menangani wabah virus corona, Rabu lalu.

Turki akan menunda pembayaran utang dan mengurangi beban pajak di berbagai sektor sebagai bagian dari paket langkah-langkah baru sebesar 100 miliar lira (15,4 miliar dolar Amerika Serikat) untuk mendukung perekonomian dan mengurangi dampak pandemi virus corona.

Sebelumnya, Presiden Turki meminta bank untuk tidak membatasi pinjaman dan perusahaan untuk tidak mengurangi pekerjaan. Erdogan juga bersumpah untuk mendukung maskapai nasional, Turkish Airlines.

Di antara langkah-langkah spesifik, ia mengatakan bahwa pajak akomodasi Turki sedang ditangguhkan hingga November untuk mendukung sektor pariwisata utama, yang menyumbang sekitar 12 persen dari ekonomi.

Pembayaran utang perusahaan yang terkena dampak virus corona akan ditunda selama minimal tiga bulan, sementara pajak pertambahan nilai dan pembayaran jaminan sosial untuk berbagai sektor juga akan ditangguhkan, kata Erdogan.

Dia menambahkan bahwa pajak pertambahan nilai untuk penerbangan domestik dipotong menjadi 1 persen dari 18 persen. Batas jaminan kredit akan menjadi dua kali lipat, yaitu menjadi 50 miliar lira. Departemen Keuangan akan menjamin pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. (KRO/RD/SI)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com