Angela Merkel Sebut Corona Pertempuran Terbesar Sejak PD II

Angela Merkel Sebut Corona Pertempuran Terbesar Sejak PD II

RADARINDO.co.id : Kanselir Jerman Angela Merkel hari ini menyatakan pandemi corona sebagai pertempuran baru tepatnya tantangan terbesar bagi Jerman sejak Perang Dunia (PD) II dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional.

Merkel mendesak semua pihak di Jerman untuk memperhatikan langkah-langkah pembatasan pergerakan ketat yang mulai diberlakukan. Ini menyusul jumlah orang terinfeksi yang melonjak lebih dari 11.000 per Rabu termasuk 28 kematian.

“Situasinya serius. Tanggapi dengan serius. Tidak pernah sejak reunifikasi Jerman, tidak pula sejak Perang Dunia Kedua, negara kita menghadapi tantangan yang sangat bergantung pada solidaritas kolektif kita,” ujar pemimpin veteran itu dalam seruan televisi langsung pertamanya.

Dikutip dari DailyMail, Merkel meyakini Jerman dapat melalui tantangan jika semua warga benar-benar memahami tugas masing-masing. Polisi berpatroli di jalur tol A12 saat kendaraan berat terjebak dalam kemacetan sepanjang lebih dari 65 km menuju Berlin dari perbatasan Jerman-Polandia dekat Frankfurt di Jerman timur akibat pembatasan perjalanan guna menangkal penyebaran Covid-19 Rabu lalu.

Pemerintah federal dan lokal Jerman telah menutup sekolah, bisnis dan ruang publik dalam beberapa hari terakhir sebagai upaya memperlambat penyebaran virus. Warga juga diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah.

Pembatasan yang lebih ketat juga sudah lebih dulu diterapkan Prancis, Belgia, Italia, dan Spanyol. Merkel yang berasal dari Jerman Timur mengatakan, dirinya memahami sulitnya menyerahkan hak-hak yang diperjuangkan keras seperti kebebasan bergerak dan bepergian.

Namun kondisi saat ini tidak bisa dianggap remeh bahkan di alam demokrasi dan hanya bersifat sementara. Ini diperlukan untuk menyelamatkan hidup.

Pidato Merkel senada dengan apa yang disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Senin lalu yang menyamakan wabah corona dengan perang dan memerintahkan hampir seluruh populasi untuk tinggal di rumah setidaknya selama dua minggu. (KRO/RD/GM)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com