Ini Ramalan yang Diprediksi Bakal Terjadi Satu Dekade Mendatang

Image: Ini Ramalan yang Diprediksi Bakal Terjadi Satu Dekade Mendatang

RADARINDO.co.id : Banyak hal yang bisa berubah dalam sepuluh tahun. Selama satu dekade terakhir, kita dapat melihat awal dari perlombaan menuju Mars, rilis komersial mobil self-driving, dan foto pertama lubang hitam.

Dan selama sepuluh tahun kedepan, perubahannya akan menjadi lebih luar biasa. Prediksi ini bukan pesan yang dikirim kepada kita dari malaikat.

Hal berikut adalah kombinasi dari ramalan ilmiah dan ekonomi dari beberapa ahli terkemuka dunia dan proyek nyata, yang sudah dalam proses oleh penemu yang sebenarnya. Hal ini juga bukan hanya fantasi melainkan merupakan sebuah peristiwa yang sangat mungkin akan terjadi selama sepuluh tahun kedepan. Mungkin bisa saja menjadi bagian besar dari sejarah masa depan. Berikut adalah beberapa hal yang diramalkan akan terjadi dalam satu dekade kedepan

2020: Alat pembaca pikiran akan memasuki masa produksi

Mesin yang dapat membaca pikiran Anda mungkin terdengar seperti fantasi sains yang hampir mustahil, tetapi jika para ilmuwan menjalani jadwal yang direncanakan, kita harus mulai melihat mesin telepati pertama diumumkan dalam 12 bulan kedepan.

Itulah tenggat waktu yang ditentukan oleh sekelompok ilmuwan Jepang pada 2010 ketika mereka pertama kali mengumumkan rencana untuk merilis mesin yang dapat membaca pikiran Anda dan mengubah pikiran Anda menjadi pesan teks.

Sejak itu, para ilmuwan telah membuat beberapa terobosan luar biasa. Sebuah tim ilmuwan Jepang telah mengembangkan teknologi yang dapat memecahkan kode aktivitas otak untuk membuat gambar kasar dari pikiran orang.

Sementara itu, para ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon telah menciptakan sebuah mesin yang melihat sinyal otak dan menggunakannya untuk membaca pikiran dalam pikiran Anda – dan mereka mengklaim itu akurat 87%.

2021: Produksi massal mobil yang bisa menyetir sendiri

Mobil self-driving atau swakemudi telah memasuki pasar, tetapi keberadaannya masih belum ditemui. Bila saat ini, memiliki mobil yang dapat mengantar Anda ke tempat kerja biasanya merupakan kemewahan yang diperuntukkan bagi segelintir orang kaya, tetapi semua itu akan berubah pada tahun 2021.

Pada tahun itulah perusahaan China, Baidu berencana untuk merilis armada produksi massal kendaraan yang dapat menyetir sendiri dan memenuhi jalanan di Beijing dan Shanghai.

Jika Baidu mendapat dukungan pemerintah China, kita dapat mengharapkan armada mobil yang dapat menyetir sendiri secara lebih luas dan dengan itu, kita akan mulai melihat langkah pertama menuju kota tanpa pengemudi pada tahun 2021.

2022: Pesawat Terbang dengan Tenaga Surya

Di masa depan, penerbangan penumpang dilakukan dengan pesawat terbang hibrida maupun yang sepenuhnya berdaya listrik, seperti produksi Zunum Aero di Seattle ini.

Pada tahun 2022, Eviation Aircraft berencana untuk merilis pesawat komersial listrik pertama di dunia. Yang satu ini bahkan bukan ide fiksi ilmiah lagi. Pesawat Eviation telah diluncurkan, dan itu bahkan bukan yang pertama dari jenisnya.

Satu tim pilot telah berhasil keliling dunia dengan menggunakan pesawat listrik. Tetapi pada tahun 2022, kita akan mulai melihat pesawat tanpa misi. Pesawat terbang listrik yang diisi dengan panel surya menjadi pilihan nyata untuk setiap penerbangan yang kita lakukan. Bandara pertama yang sepenuhnya bergantung pada sumber energi terbarukan akan dibuka pada tahun 2025.

2023: Ekonomi Global Bobrok

Kita berada di tengah-tengah ekspansi ekonomi terpanjang dalam sejarah Amerika, tetapi masa-masa indah tidak akan bertahan selamanya. Cepat atau lambat, akan terjadi resesi lain. Jika prediksi Dewan Kebijakan Bisnis Global terbukti, hari-hari tersulit akan menghantam kita pada tahun 2023.

Mereka meramalkan bahwa kita akan mulai melihat pertumbuhan ekonomi lambat dan tidak akan meningkat lagi sampai setelah 2023. Hal itu mungkin saja terjadi lantaran utang kita yang terus berkembang akan menjadi risiko yang lebih besar bagi ekonomi global.

Selain itu, kita akan mulai melihat negara-negara dengan pasar berkembang gagal membayar utang-utangnya. Namun, resesi ini, tidak hanya akan menjadi perlambatan global, ini juga akan menjadi goncangan.

2024: Misi Perjalanan Berawak Pertama ke Mars

2024 akan menjadi tahun di mana para astronot bisa melakukan perjalanan menuju Mars. Ini adalah tahun di mana program Space X Elon Musk berencana mengirim roket pertamanya ke Mars, dan ada setiap alasan untuk percaya bahwa bahkan jika dia tidak berhasil melakukannya, seseorang lain lagi akan melakukannya.

Pada tahun 2024, orbit Bumi dan Mars akan disejajarkan dengan cara yang memungkinkan untuk perjalanan antarplanet yang paling mudah, sehingga Anda dapat yakin bahwa siapapun yang memiliki pandangan mereka di Mars akan mengambil kesempatan itu.

Misi paling berani yang diumumkan NASA untuk tahun 2024 adalah misi berawak ke bulan yang berarti bahwa kita dapat mengharapkan perusahaan mengalahkan pemerintah ke planet ketiga.

2025: Ilmuwan Mampu Perbaiki Otak Manusia

Pada 2013, pemerintah AS mengumumkan BRAIN Initiative: sebuah rencana untuk memetakan dan memahami aktivitas di dalam otak manusia pada tahun 2025.

Ketika proyek tersebut memasuki tahun terakhirnya, para ilmuwan yang terlibat akan berada di luar analisis dan akan menempatkan sentuhan akhir pada aplikasi yang menggunakan hal-hal yang telah mereka pelajari tentang pikiran manusia.

Diharapkan bahwa penelitian ini akan memungkinkan kita untuk memindai otak manusia dan mengidentifikasi masalah kesehatan mental seperti PTSD dan depresi. Jika semuanya berjalan baik, mereka mungkin bahkan memungkinkan ahli saraf untuk memperbaikinya.

2026: Dokter mempelajari pencegahan penuaan dalam jantung manusia

Penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Lebih dari penyakit lainnya, penyakit itu menjaga rentang hidup kita menjadi terkendali.

Tidak peduli berapa banyak kemalangan yang kita hindari, kita tidak bisa lepas dari jantung kita yang menua atau, paling tidak, kita tidak akan mampu sampai tahun 2026.

Itulah saat ketika Harvard Stem Cell Institute berharap untuk menyelesaikan percobaan klinis pada penelitian mereka untuk mencegah penuaan jantung manusia. Mereka telah mengidentifikasi protein yang, ketika disuntikkan ke tikus yang menua, dapat mengurangi penebalan dinding jantung mereka.

Mereka berencana untuk pindah ke pengujian manusia segera dan, pada 2026, harus telah menyelesaikan uji klinis. Jika mereka berhasil, kita mungkin dapat menyembuhkan salah satu penghalang terbesar bagi keabadian manusia.

2027: Negara berkembang akan melampaui ekonomi AS

Dunia sedang mengalami perubahan yang luar biasa sekarang. Ada negara-negara berkembang yang tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan sehingga sepertinya hanya masalah waktu sebelum kita melihat perubahan besar dalam keseimbangan kekuatan global.

Menurut Goldman Sachs, hal itu tidak bisa dihindari dan itu akan terjadi antara 2026 dan 2027. Pada 2026, mereka memperkirakan bahwa China akan menyusul Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Pada tahun 2027, mereka percaya, negara-negara BRIC Brasil, Rusia, India, dan China akan memiliki PDB gabungan yang lebih tinggi daripada negara-negara G7 – Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

Untuk pertama kalinya sejak kebangkitan Mesir, kita akan melihat keseimbangan kekuatan global mulai bergeser dari belahan bumi Barat, perubahan yang dapat mempengaruhi nasib seluruh umat manusia.

2028: Ilmuwan mulai membangkitkan spesies yang punah

Pada tahun 2028, para ilmuwan percaya bahwa mereka akan memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali spesies yang punah. Kita mungkin harus menunggu sedikit lebih lama dari tahun 2028 sebelum kita dapat membawa kembali velociraptors dan tyrannosaurus rexes, tetapi kemajuan dalam kloning dan rekayasa genetika harus memungkinkan kita untuk membawa kembali hewan yang baru punah seperti burung dodo.

Ilmuwan sudah bekerja pada beberapa pendekatan berbeda terkait kepunahan. Beberapa mencoba menggunakan bahan genetik hewan yang punah untuk membuat klon yang tepat, sementara yang lain menggunakan pembiakan selektif atau tweak genetik untuk mencoba mereplikasi mereka dari kerabat terdekat yang masih hidup.

2029: Populasi global mencapai titik krisis

Pada akhir 2029, populasi manusia diperkirakan akan mencapai 8,5 miliar orang, dan ketika itu terjadi, kita akan memiliki serangkaian masalah yang baru. Akhir tahun 20-an, beberapa ilmuwan percaya, akan menandai perubahan baru dalam prioritas manusia.

Pada saat itu, kita akan membutuhkan 50% lebih banyak makanan dan energi daripada yang kita perlukan hari ini. Dan ketika sumber daya kita yang paling penting menjadi langka, itu akan membawa umat manusia ke titik krisis.

Kekurangan makanan dan air akan menjadi masalah yang sangat nyata dan pada tahun 2029, umat manusia akan mulai menyadari betapa besarnya masalah itu. (KRO/RD/LP6)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com