Kuota Rumah Subsidi Kurang 174 Ribu Unit

Kuota Rumah Subsidi Kurang 174 Ribu Unit

RADARINDO.co.id : Pengusaha properti memprediksi bahwa kuota rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun 2020 akan habis pada bulan April 2020. Tahun 2020 ini, para pengusaha hanya memperoleh kuota sebanyak 97.700 unit atau setara Rp11 triliun dari kebutuhan 260 ribu unit.

Parahnya lagi, anggaran itu sudah terpotong untuk memenuhi kekurangan kuota rumah subsidi di tahun 2019 sebanyak Rp2 triliun. Alhasil, pengusaha hanya punya Rp9 triliun saat mulai pada Januari 2020 atau setara dengan 86 ribu unit rumah. Kuota yang tersedia semakin menipis sebagai imbas kekurangan 2019
“Kebutuhan baru ter-cover 86 ribu unit (masih kurang 174 ribu unit) di tahun 2020. Saat ini belum ada alternatif lain,” ucap Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Totok Lusida dalam konferensi pers di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (23/1).
Totok mengatakan, dalam kondisi ini banyak pengembang rumah subsidi di asosiasinya yang hanya mendapat jatah serba sedikit. Ia mencontohkan, ada kasus seorang pengembang hanya mampu merealisasikan 3 unit rumah saja dari jatah yang ia peroleh dari Bank Tabungan Negara (BTN).
Menurut Totok, angka 260 ribu unit yang sudah disepakati juga masih dibawah harapan pengembang pada umumnya. Mereka sebenarnya ingin agar kuota rumah subsidi tak kurang dari capaian 2017-2018 di kisaran 280 ribu unit dan jika perlu bisa menyentuh 300 ribu unit.
Sementara, Plt Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Properti, Setyo Maharso mengatakan, masalah ini perlu diselesaikan segera karena 60 persen pengembang bergerak di rumah sederhana. Ia pun sudah memprediksi dalam kondisi seperti ini penyaluran kredit bagi MBR bakal turun signifikan dari tahun 2019.
Untuk menghadapinya, menurut Setyo, pengusaha sudah merembuk untuk mengajukan sejumlah solusi untuk menambah kekurangan 174 ribu unit kuota rumah di 2020. (KRO/RD/TR)

 

Koran Radar

KORAN RADARONLINE KR TV hadir sebagai media online dengan konten berita dan informasi terkini. KORAN RADARONLINE KR TV “Penyambung Lidah Rakyat” membangun eksistensi dan jaringan berita “Terkini dan Terpecaya”, dari berbagai sumber Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun swasta.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com