Tangani Virus Korona, China Berlakukan Karantina Ketat

Tangani Virus Korona, China Berlakukan Karantina Ketat

RADARINDO.co.id – BEIJING : Otoritas kesehatan China akan memberlakukan langkah-langkah karantina ketat untuk menghentikan penyebaran virus korona. Pasalnya, jumlah korban meninggal akibat virus tersebut diketahui telah meningkat menjadi sembilan orang.

“Berbagai otoritas lokal, departemen pemerintah, dan lembaga medis dapat melakukan pemindaian secara legal untuk pasien demam serta melakukan perawatan terisolasi dari kasus yang dikonfirmasi atau diduga, serta perawatan terisolasi dan pengamatan medis dari orang lain dalam kontak dekat dengan orang-orang itu,” kata direktur tanggap darurat kesehatan di Kementerian Kesehatan Cina, Xu Shuqiang, dikutip laman South China Morning Post, Kamis (23/1).

Menurut Xu, langkah-langkah pengendalian lebih ketat lainnya dapat mencakup mobilisasi darurat personel, material, kendaraan, dan membangun fasilitas isolasi serta blokade di area epidemi. Hal itu guna memastikan terlaksananya perawatan darurat.

Pada Selasa (21/1) lalu, Komisi Kesehatan Nasional Cina telah meningkatkan virus korona menjadi penyakit menular kelas B. Dengan klasifikasi tersebut, warga dilarang melakukan perjalanan ke, dari, dan di dalam kota yang menjadi pusat wabah, yakni Wuhan.

Kendati demikian, langkah penanggulangan dan pengendalian yang diterapkan pada virus korona baru adalah untuk penyakit kelas A. Artinya, setiap ada infeksi harus dilaporkan dalam waktu dua jam dan dipantau.

China telah menunjuk Zhong Nanshan memimpin gugus tugas untuk menangani penyebaran virus korona Wuhan. “Saat ini saya tidak berpikir (fasilitas) karantina telah dilaksanakan dengan cukup menyeluruh,” ucapnya. (KRO/RD/RPBLK)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com