Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Strategi Pembelajaran

Image: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Strategi Pembelajaran

RADARINDO.co.id : Belajar sebagai kegiatan yang melibatkan guru dan siswa. Yang mempunyai Keberhasilan proses belajar mengajar dilalui pada motivasi belajar siswa. Keberadaan motivasi belajar siswa akan memberikan semangat dan pembelajaran menjadi lebih fokus bagi siswa. Membangun motivasi intrinsik pada siswa akan lebih baik daripada motivasi ekstrinsik. Dengan motivasi intrinsik siswa untuk belajar karena ketulusan hati mereka, hasil positif dari upaya belajar yang akan ditampilkan. Namun, motivasi ekstrinsik juga menentukan minat siswa dalam belajar. Ketika siswa memiliki keinginan untuk belajar tetapi faktor ekstrinsik tidak mendukung, siswa akan kehilangan semangat. Baik faktor intrinsik dan ekstrinsik dapat menentukan keberhasilan  siswa dalam proses pembelajaran. Motivasi dapat mengaitkan tujuan energi dalam di diri yang ditandain dalam antisipatif yang efektif. Motivasi akan mendorong, menggerakkan dan mengarahkan siswa untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan melakukan kegiatan dalam memperoleh pengetahuan. Motivasi akan membangkitkan minat siswa untuk belajar. Motivasi memiliki fungsi yaitu untuk mendorong siswa untuk bergerak agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan sebagai rujukan untuk melakukan kegiatan dalam mencapai tujuan tujuan tertentu. Motivasi memiliki ciri-ciri antara lain: ulet dalam menghadapi kesulitan, rajin tidak mudah bosan dan lain-lain.. Siswa dapat meraih prestasi belajar yang baik pada dirinya ketika ada motivasi belajar. Karena itu motivasi memiliki posisi yang sangat penting dalam pembelajaran itu sendiri yang maksimal mungkin . Pembelajaran salah satu faktor yang dapat berproses yang terjadi pada interkasi aktivitas tujuan positif dan mempunyai ktrampilan dan pengalaman  yang kognitif yang pendidikan . Pembelajaran efektif apabila interaksi antara pendidik dan peserta didik berlangsung aktif serta tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu yang telah ditentukan. pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan maka menumbuhkan motivasi belajar siswa menjadi tugas guru yang sangat penting. Pembelajaran akan berlangsung efektif apabila siswa memiliki motivasi dalam belajar. Guru harus berupaya secara maksimal agar siswa termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR

Keberhasilan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh motivasi yang ada pada dirinya. Indikator kualitas pembelajaran salah satunya adalah adanya motivasi yang tinggi dari para peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi terhadap pembelajaran maka mereka akan tergerak atau tergugah untuk memiliki keinginan melakukan sesuatu yang dapat memperoleh hasil atau tujuan tertentu. Cita-cita dan aspirasi siswa. Cita-cita akan memperkuat motivasi belajar siswa baik intrinsik maupun ekstrinsik. Kemampuan Siswa :Keingnan seorang anak perlu dibarengi dengan kemampuaan dan kecakapan dalam pencapaiannya. Kondisi Siswa :Kondisi siswa yang meliputi kondisi jasmani dan rohani. Seorang siswa yang sedang sakit akan menggangu perhatian dalam belajar. Kondisi Lingkungan Siswa.Lingkungan siswa dapat berupa lingkungan alam, lingkungan tempat tinggal, pergaulan sebaya dan kehidupan bermasyarakat.

UPAYA MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Tujuan pembelajaran adalah untuk mencapai keberhasilan dengan prestasi yang optimal. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dituntut kreativitas guru dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru untuk membangkitkan motivasi belajar siswa yaitu: a. Memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang jelas dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Semakin jelas tujuan yang ingin dicapai, maka akan semakin kuat motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu guru perlu menjelaskan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai sebelum proses pembelajaran dimulai. b. Membangkitkan minat siswa. Siswa akan terdorong untuk belajar, manakala mereka memiliki minat untuk belajar. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat siswa diantaranya: Hubungkan bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan kebutuhan siswa. Sesuaikan materi pelajaran dengan tingkat pengalaman dan kemampuan siswa. Gunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi. Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar .d. Berilah pujian yang wajar terhadap setiap keberhasilan siswa e. Berikan penilaian.

                                                                                                                                                                                                            Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Muhammadiyah Malang

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com