Kemenag Psp Meriahkan Kemsama Hari Amal Bakti Ke 74

by -132 views

RADARINDO.co.id-Psp: Kemsama Pramuka ke II Kemenag Kota Padangsidimpuan 2019 menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke 74. Sebanyak 500 orang peserta dan sangga kerja mengikuti acara Kemah Bersama (Kemsama) Kepramukaan di Desa Siparau Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. (Psp).

Kegiatan Kemsama ini adalah untuk yang ke dua kalinya dilaksanakan jajaran Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74. Acara yang berlangsung 29 Nopember – 1 Desember 2019 di ikuti Gugus Depan dari sekolah yang di bawah Kemenag Kota Padangsidimpuan.

Pada acara pembukaan kegiatan ini, Pemerintah Kota Padangsidimpuan yang di wakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Gempar Nauli Hamonangan Nasution dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa pendidikan kepramukaan sudah menjadi ekstrakurikuler Wajib di sekolah. Untuk itu di harapkan pihak sekolah agar melaksanakannya dengan serius. Juga diharapkan agar pihak sekolah menetapkan pembina di gudep yang memiliki kemampuan dalam kepramukaan.

Lebih jauh di katakannya bahwa ia menilai, melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling tolong menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Karenanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan Kepramukaan.

Ketua Panitia, Rustam Efendi, S.Pd yang di dampingi Sekretaris Panitia, Ahmad Rifai Hasibuan, S.PdI,M.Hum kepada awak media mengatakan bahwa peserta kegiatan adalah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta se kota Padangsidimpuan.

“Peserta sebanyak 430 orang siswa, kemudian tiap gudep di dampingi pembina putra dan putri. Sementara itu sangga kerja adek adek Pramuka Laksana dan Pendega dari IAIN dan MAN  Padangsidimpuan “ ujar Rustam.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan Kemsama dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 ini di isi dengan berbagai kegiatan kepramukaan sesuai dengan tingkatannya serta perlombaan bidang ilmu pengetahuan dan keagamaan. Tema yang di usung “Dengan Kemsama II, Kita Wujudkan Pramuka Madrasah di lingkungan Kemenag Kota Padangsidimpuan Terampil, Disiplin dan Berimtaq”.

Adapun jenis perlombaan dan kegiatan antara lain Pionering, Hiking, Smapore, PBB,Tarik Tambang, Terompah, Kebersihan Tenda, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Puisi, Sholat Jenazah, Tahfiz Juz 30, Azan, Asmaul Husna, Doa Terpanjang.

Kegiatan Kemsama II ini di tutup oleh Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan, Drs.H.Saripuddin Siregar pada Minggu (1/12) sore.

Hadir di acara tersebut Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan dari peserta serta jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan serta Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan. Di acara Ceremonial Penutupan kegiatan ini di tampilkan atraksi Gordang Sambilan dan Tari Kreasi Daerah oleh pelajar MAN 2 Padangsidimpuan dilanjutkan dengan Penyerahan hadiah kepada pemenang berbagai kegiatan yang diperlombakan.

(KRO/RD/THOMS)