Pendirian Bumdes Lottung Diduga Hanya Formalitas untuk Dapatkan Bantuan

by -148 views

RADARINDO.co.id – TAPUT : Pendirian Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Lottung Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), diduga hanya formalitas untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, demi “meraup” keuntungan pribadi maupun kelompok.

Pasalnya, sejak didirikan, Bumdes tersebut tidak pernah beroperasi atau melakukan kegiatan apapun. Padahal, Bumdes Lottung kerap mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Menurut keterangan salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, Bumdes tersebut didirikan hanya sebagai “symbol” untuk mendapatkan bantuan senilai Rp 50 juta.

“Kami sangat kecewa atas perilaku Kepala Desa yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Padahal para pengurus Bumdes sudah kami pilih sebelum Bumdes didirikan. Namun, itu semua hanya formalitas untuk persyaratan mendapatkan bantuan,” ucapnya.

Menurutnya, Kepala Desa (Kades) Lottung berinisial RO, tidak memperdulikan kepentingan warga. Bantuan dari pemerintah untuk pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat, diduga telah “ditelan” sang Kades demi kepentingan pribadi.

Hal itu lanjutnya, dapat dilihat dari beberapa pembangunan yang ada di desa tersebut yang dikerjakan asal jadi. Diantaranya, Tembok Penahan Tanah(TPT), yang baru selesai dikerjakan namun sudah retak dan hampir roboh. (KRO/RD/IBS)