Warga Desa Hutalontung Resah, Pembangunan SPAM KSN Danau Toba “Tak Berguna”

by -187 views

RADARINDO.co.id – TAPUT : Warga Desa Hutalontung Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), merasa resah terkait pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kawasan Strategis Nasional (KSN) Danau Toba.

Pasalnya, proyek bertenaga surya yang dikucurkan oleh pemerintah dari APBN tahun 2018 senilai Rp1.147.057.000 itu, sama sekali “tak berguna”, atau tidak dapat dimanfaatkan warga, sehingga dinilai hanya merugikan keuangan Negara.

Warga berharap, pihak terkait dapat dengan sigap dan proaktif terkait masalah pembangunan SPAM tersebut. Hal itu juga sudah berulang kali dipertanyakan warga kepada Kepala Desa (Kades) Hutalontung, Rommel Rajagukguk. Namun, sang Kades juga hingga saat ini belum mengetahui apa masalah sehingga proyek tersebut tidak berfungsi.

Hal senada juga diungkapkan Ketua BPD Hutalontung, Donni Sianturi, dan Ketua LPM Desa Hutalontong, B Rajagukguk, yang mengaku bahwa mereka juga tidak mengetahui mengapa proyek SPAM tersebut tidak berfungsi hingga saat ini.

Selama ini, warga Desa Hutalontung harus mengambil air dari sungai yang bersumber dari gunung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan proyek tersebut, rencananya untuk menampung air yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga melalui pipa. Namun, tanpa diketahui apa sebabnya, proyek yang seharusnya untuk membantu masyarakat tersebut, hingga kini “gagal total”. (KRO/RD/R/l)