KPK “Kandangi” Dzulmi Eldin Sejumlah Oknum Bakal Nyusul

by -212 views

RADARINDO.co.id – Medan: Walikota Medan Dzulmi Eldin, kesandung hukum. Penyidik ‘Tiga Huruf’ ini kabarnya sudah lama mencium aroma tak sedap terkait dugaan penyalahgunaan anggaran Pemko Medan.
Kerja keras aparat penegak hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mendeteksi dugaan orang nomor satu di kota Medan. KPK akhirnya berhasil “Kandangi” Walikota Medan, Dzulmi Eldin pada Operasi Tangkap Tangan. Info terkait penangkap Walikota Medan, sempat membuat heboh warga kota Medan. Wakil Walikota Medan, Sekda, para asisten kepala SKPD langsung mengadakan rapat tertutup di kantor Walikota Medan, Rabu (16/10/2019) pagi.
Sebelumnya informasi yang berhasil dilandis CNBC Indonesia, mengatan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Medan. Pejabat yang kena OTT adalah Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

“Kepala daerah dibawa pagi ini ke Jakarta,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (16/10/2019), seperti dikutip dari detik.com. Hingga berita ini dilansir, belum diketahui berapa orang yang diamankan. Dia juga belum menyebut kasus apa yang membuat Eldin terjaring OTT.

Dikabarkan Eldin masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukumnya.
Dari pengembangan kasus, dikabar uang sekitar seratusan juta, telah disita penyidik KPK. “Uangnya sedang dihitung,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (15/10/2019), seperti dilansir CNN Indonesia.

Sesuai hukum acara yang berlaku, KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum perkara dan pihak-pihak yang diamankan.
Warga kota Medan sempat heboh oknum Walikota Medan terkena OTT KPK. Dari penelusuran dari Balai Kota Medan, sejumlah oknum pejabat Pemko Medan kasak – kusuk. Informasi yang disampaikan sumber berkompeten, kabar bakal dilakukan penggeledahan rumah dan kantor yang ditempati Walikota.
“Saya baru dapat info akan dilakukan penggeledahan untuk mencari bukti bukti lain. Karena ada 4 orang terdekatnya yang akan ikut dimintai keterangan,” ujar sumber yang tak mau disebutkan namanya.
Ketika ditanya apa Eldin bisa bebas dari tuduhan, ia mengatakan kerja KPK sudah cukup teruji. “Kalau KPK sudah ‘Kandangi’ pejabat seperti Eldin biasanya jarang ada yang lepas. Diduga akan ada oknum lain yang nyusul,” tegas sumber dengan nada berbisik. (KRO/CNN/MDN)