MACC Tunggu Pengembalian Uang Korupsi 1MDB

by -54 views

 

RADARINDO.co.id – MALAYSIA : Komisi Pemberantasan Ko­rup­si Malaysia (MACC), menung­gu pengembalian uang korupsi 1Malaysia Development Bhd (1MDB) senilai RM420 juta (sekitar Rp1,4 triliun), dari 80 orang dan entitas yang menerima uang tersebut.

Hal itu dikatakan Ketua MACC, Latheefa Koya, dalam jumpa pers di Putrajaya, Senin (7/10). Latheefa mengatakan, jumlah yang di­terima orang-orang terse­but paling rendah RM500.000 (sekitar Rp1,6 miliar) dan pa­ling tinggi RM25 juta (sekitar Rp84 mi­liar), sedangkan entitas yang menerima hing­ga RM134 juta (sekitar Rp452 miliar).

Dia mengatakan, individu dan entitas yang menerima 1MDB diberi waktu dua minggu untuk mengembalikan uang yang mere­ka terima setelah menerima pembe­ritahuan.

Diantara yang masuk daftar penerima, adalah mantan pim­pinan CIMB Nazir Ra­zak, sebesar RM25 juta. Ia adalah sau­dara lelaki mantan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak yang saat ini mengha­dapi persidangan terkait masalah 1MDB.

MACC juga akan mengi­rimkan pem­beritahuan kepada Ketua UMNO Kota Baru Fatmi Che Salleh dan mantan wakil menteri Ahmad Maslan, serta mantan ang­gota parlemen Johor Baru Shahrir Samad.

Sedangkan diantara entitas yang ditunggu pengembalian dananya adalah Solar Shine Sdn Bhd, Salt Media Con­sultancy Sdn Bhd, Cense Media Sdn Bbd, Putri UMNO, Divisi UMNO dari Sepang, Bandar Tun Razak, Batu dan Pekan.

Pengembalian juga ditunggu dari Partai Rakyat Sarawak, komite penghubung Kedah Gerakan, dan kantor pusat MIC.

Sebelumnya, Otoritas Malaysia men­ja­tuh­kan sanksi denda terhadap Nazir Ra­zak, adik laki-laki mantan Perdana Menteri (PM) Ma­laysia Najib Razak dan pu­luhan entitas lainnya yang diketa­hui menerima dana 1MDB) se­besar 420 juta Ringgit atau setara Rp 1,4 triliun.

Penyidik Malaysia maupun Amerika Serikat (AS) menyata­kan, dana sebesar US$ 4,5 miliar diselewengkan dari 1MDB yang didirikan Najib tahun 2009 dan kini tidak lagi beroperasi. Najib yang lengser setelah kalah pemilu tahun lalu, kini menghadapi puluhan dakwaan gratifikasi dan pencucian uang terkait 1MDB.

Dalam dakwaan-dakwaan­nya, Najib di­sebut telah menerima dana 1MDB sebesar US$ 1 miliar. Ditegaskan oleh Najib berulang kali bahwa dirinya tidak bersalah.

Latheefa Koya menyebut, dana 1MDB sebesar 420 juta Ringgit telah diterima oleh 80 individu, partai politik dan perusahaan-perusahaan. Salah satunya adalah Nazir Razak, adik dari Najib.

MACC, sebut Latheefa, ber­upa­ya un­tuk memulihkan dana ter­sebut. Maka, sanksi denda akan dijatuhkan terhadap me­reka yang menerima dana 1MDB itu. “Kami telah merilis pemberi­ta­huan ter­hadap semua orang dan entiatas ini agar mereka memba­yar­kan denda,” tutur Latheefa kepada wartawan setempat.

Latheefa tidak menyebut lebih spesifik jumlah denda yang dijatuhkan. Namun dise­butkan bahwa besarannya bisa men­capai 2,5 kali lipat dibandingkan jumlah dana 1MDB yang diterima. (KRO/RD/ANS)