13 Pendaki Terjebak Kebakaran di Gunung Raung

13 Pendaki Terjebak Kebakaran di Gunung Raung

RADARINDO.co.id – BANYUWANGI : Sebanyak 13 pendaki sempat terjebak di Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur akibat kebakaran hutan pada, Jum’at sore (4/10) hingga Sabtu pagi (5/10). Dari jumlah tersebut, 7 diantaranya merupakan warga negara Singapura.

Merujuk dari siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kebakaran hutan di Gunung Raung mulai terdeteksi pada pukul 18.00 Jum’at kemarin (4/10). Setelah itu, BNPB langsung mengirim tim berjumlah 25 orang untuk melakukan evakuasi.

Tim terdiri dari personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, BPBD Bondowoso, BPBD Jember, serta Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Sejumlah personel TNI dan Polri serta relawan juga turut dilibatkan untuk melakukan pemadaman sekaligus evakuasi para pendaki.

“Menuju lokasi kebakaran guna melakukan evakuasi terhadap pendaki, serta melakukan droping logistik dan membuat sekat bakar,” tutur Kepala Pusat Data dan Informasi Masyarakat BNPB, Agus Wibowo melalui siaran pers, Sabtu (5/10).

Tim tidak berhenti menuju lokasi para pendaki terjebak meski waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam. Mereka berupaya secepat mungkin untuk menemukan para pendaki lantaran titik kebakaran sudah semakin meluas.

Usai menemukan para pendaki, tim membawanya ke kamp logistik. Setelah itu, tim lanjut melakukan pemadaman di jalur pendakian. Pada pukul 06.00 WIB, para pendaki belum turun dari Gunung Raung dan masih berada di kamp logistik. Mereka menunggu api di jalur pendakian benar-benar berhasil dipadamkan oleh tim gabungan di jalur pendakian agar bisa turun.

Kemudian, usai jalur pendakian sudah relatif aman untuk dilewati, tim gabungan secara berangsur-angsur mengevakuasi para pendaki dari Gunung Raung. Sekitar pukul 09.00 WIB Sabtu (5/10), seluruh pendaki yakni 13 orang sudah berhasil dievakuasi. (KRO/RD/Cnn)

 

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com