Ribuan Mahasiswa Blokir Jalan Didepan Gedung DPRD Palembang

by -47 views

RADARINDO.co.id – PALEMBANG : Ribuan mahasiswa dan aktivis memblokir Jalan Pom IX, Palembang, tepat di depan gedung DPRD Sumatera Selatan, Selasa (24/9) siang.

Konsentrasi massa yang berkumpul di depan gedung wakil rakyat tersebut membuat polisi terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, polisi lalulintas menutup Jalan Pom IX. Seluruh kendaraan yang hendak melintasi Jalan Pom IX dialihkan ke Jalan Kapten A Rivai atau ke Jalan Radial.

Massa bergerak dari segala arah, baik dari kampus masing-masing maupun dari titik kumpul di Kambang Iwak Jalan Tasik Palembang. Lautan mahasiswa berhenti tepat di depan gerbang Gedung DPRD Sumsel yang tertutup dan dijaga ketat ratusan aparat kepolisian dengan peralatan lengkap anti huru-hara.

Armada pengurai masa serta mobil meriam air atau water canon disiagakan di dalam dan luar kawasan gedung wakil rakyat tersebut.

Perwakilan mahasiswa pun bergantian menaiki mobil komando untuk berorasi. Para mahasiswa menuntut untuk bertemu anggota DPRD periode 2019-2024 yang akan dilantik siang ini pukul 14.00 WIB.

Mereka meminta para wakil rakyat tersebut untuk menolak pengesahan RKUHP, RUU Pertanahan, revisi UU KPK yang bakal dilakukan DPR RI dan pemerintah.

Terpantau, terdapat mahasiswa berjas almamater Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Muhammadiyah Palembang, serta kampus lainnya yang tumpah ruah di depan gedung DPRD.

Hingga siang ini, mahasiswa masih bertahan di depan gedung. Meskipun para mahasiswa ingin bertemu langsung anggota DPRD, belum ada upaya masuk paksa dan bertahan dengan orasi-orasi silih berganti dilakukan. (KRO/RD/Cnn)