Terbengkalai, Bangunan Saluran Irigasi Batangilung di Padangbolak Resahkan Petani

Image: Terbengkalai, Bangunan Saluran Irigasi Batangilung di Padangbolak Resahkan Petani

RADARINDO.co.id – PALUTA : Terbengkelainya proyek pembangunan saluran irigasi Batangilung bondar gunung manaon (BGM ) di areal persawahan Desa Sababangunan Kecamatan Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), sangat meresahkan para petani didaerah itu.

Dari hasil pantauan RADARINDO.co.id dilokasi, Jum’at (13/9), proyek tersebut tampak dibiarkan, tanpa ada kegiatan lanjutan sebagai upaya untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Menurut beberapa warga setempat, sebelum adanya pembangunan proyek tersebut, air masih dapat mengaliri areal persawahan walaupun tidak begitu lancar. Namun, kini air sama sekali tidak mengalir dan benar-benar putus, sehingga petani tidak bisa melakukan penanaman padi.

“Setelah adanya proyek ini, aliran air benar-benar terputus. Hingga saat ini kami tidak bisa menanam padi,” ucap salah seorang warga yang enggan menyebut namanya.

Warga lainnya, RM br Harahap, juga mengungkapkan hal senada. Ibu rumahtangga ini menjelaskan bahwa proyek tersebut sudah lama dibiarkan terbengkalai tanpa ada penyelesaian.

Sehingga lanjutnya, akibat proyek itu, bukan hanya aliran air saja yang terputus, namun badan jalan dari Desa Sababangunan menuju Desa Gunung Manaon, juga terputus.

“Air putus, jalan juga putus. Kenderaan roda dua pun tidak dapat melintas. Akibatnya, semua hasil panen dari kebun kami, harus dipikul melintasi bekas-bekas proyek itu,” ucapnya kesal. (KRO/RD/As)

www.radarindo.co.id
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com