Diduga Lakukan Pungli, Kepala SMPN 1 Bosar Maligas Bakal Dipanggil DPRD Simalungun

by -148 views

RADARINDO.co.id – SIMALUNGUN : Komisi IV DPRD Simalungun, sebagai mitra kerja Dinas Pendidikan, akan segera melakukan pemanggilan terhadap Kepala SMPN 1 Bosar Maligas, Dra Listeria Hasibuan, serta komite sekolah.

Pemanggilan tersebut guna meminta penjelasan terkait adanya dugaan pungutan liar (pungli) yang dinilai sangat membebani para orangtua maupun wali murid.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang anggota Komisi IV DPRD Simalungun, yang juga Ketua Fraksi PDIP, Suryadi, saat ditemui belum lama ini. Menurutnya, Komisi IV akan segera melakukan pemanggilan terhadap kepala sekolah dan komite sekolah untuk meminta penjelasan atas dasar apa melakukan pengutipan.

“Kita ingin meminta penjelasan dan keterangan dari kepala sekolah dan komite atas dasar apa mereka melakukan pengutipan terhadap murid. Padahal kita ketahui wajib belajar yang diamanahkan UU adalah 9 tahun. Saya sebagai ketua fraksi PDIP sekaligus anggota komisi IV sudah meminta penjadwalan untuk mengundang pihak terkait,” ujarnya.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Bosar Maligas, Abdul Rauf AMa Pd, saat dikonfirmasi via sambungan seluler, mengaku tidak mengetahui adanya pengutipan tersebut lantaran dirinya tidak pernah diundang dan tidak di libatkan dalam rapat. (KRO/RD/Dharma Samosir)