Biden Tuding Trump Penyulut Supremasi Kulit Putih

by -64 views

RADARINDO.co.id – Persaingan bakal ca­lon presiden Partai Demokrat sema­kin memanas. Calon ung­­gulan presiden Demokrat sekaligus mantan Wakil Pre­siden Amerika Serikat (AS), Joe Biden terus mengeluarkan pernyataan-pernyataan pedas terhadap lawan politik­nya.

Orang yang pernah men­dam­pingi Presiden Barack Obama itu menuding Presi­den Donald Trump sebagai penyulut supre­masi kulit pu­tih melakukan sejumlah pe­nembakan massal di AS, de­mi­kian menurut pidato Bi­den.

Politikus Partai Demokrat tersebut diren­canakan me­nyam­pai­kan pidato di Iowa pasca ­se­rentetan penem­bakan massal akhir pekan ini di AS. Dalam insiden pertama pada Sabtu, seorang pria bersenjata me­ne­waskan 22 orang di Kota El Paso, Texas, di perbatasan de­ngan Meksiko. Badan penegak hukum menyebut­kan, dia tampak­nya termoti­vasi kebencian terha­dap kaum Hispanik.

Sementara itu penem­ba­kan massal kedua, seorang pria yang juga bersenjata di Dahyton, Ohio membunuh sembilan orang, termasuk saudaranya, sebelum akhir­nya ditembak mati polisi.

Retorika Trump, termasuk menyebut warga Amerika Te­ngah yang berupaya me­ma­suki AS sebagai “invasi”, dan kebijak­an migrasi garis kerasnya telah membuat Trump dihujani kecam­an pas­­ca penembakan El Paso.

“Seberapa jauh perkataan Trump bahwa ini “adalah sebuah invasi” dengan pelaku penem­bakan El Paso yang me­nyatakan “serangannya sebagai respons invasi His­panik di Texas, tidak jauh sama sekali,” seperti yang dikatakan Biden, menurut salinan pidatonya. (KRO/RD/ANS)