Karantina Tanjungbalai Karimun Sidak Kapal Sayur di Pelantar Kolong

Karantina Tanjungbalai Karimun Sidak Kapal Sayur di Pelantar Kolong

RADARINDO.co.id – KARIMUN : Tim Pengawas dan Penindakan (Wasdak) Stasiun Karantina Pertanian Klas II Tanjungbalai Karimun bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KKP) Polres Karimun, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pelantar kawasan Kolong, Sei Lakam, Karimun.

Sidak yang dilaksanakan, Sabtu (3/8) itu, dilakukan di lima pelantar berbeda, yakni pelantar Century, Hutagalung, Tampubolon, Zainal, dan Surbakti yang dijadikan tempat keluar masuk barang.

“Saat itu ada sebuah kapal yang sedang melalukan aktivitas bongkar muat sayuran di pelantar Tampubolon, kami menemukan kapal dengan nama HLM Bulan Purnama dari daerah Dumai, Provinsi Riau sedang membongkar sayuran dari kapal. Tim langsung melakukan pengecekan kelengkapan dokumen karantina. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kapal tersebut dilengkapi dokumen karantina (KT 12) dari daerah asalnya atas nama Anwar Sadat,” ujar Koordinator Wasdak Stasiun Karantina Klas II Karimun, Cristian Manik SP.

Selain melakukan pembinaan terhadap nahkoda kapal, Cristian Manik meminta kepada nahkoda kapal agar untuk kedepannya melaporkan pemasukannya kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina.

Setelah petugas selesai melakukan pengecekan terhadap Nahkoda kapal di pelantar Tampubolon sekitar pukul 04:15 WIB, kemudian tim melanjutkan pemeriksaan terhadap KM Jaya Laut di pelantar Zainal, dan menemukan sayuran serta dilengkapi dengan dokumen karantina dari daerah pengirimannya atas nama Nazar yang merupakan penghubung Zul di Karimun, imbuhnya.

Untuk bisa beredar atau masuknya sayuran di Karimun, pemilik barang diminta untuk mengurus sertifikat kesehatan di daerah asal serta melaporkan kembali kepada petugas karantina ke daerah tujuannya. (KRO/RD/Nababan)

Koran Radar

KORAN RADARONLINE KR TV hadir sebagai media online dengan konten berita dan informasi terkini. KORAN RADARONLINE KR TV “Penyambung Lidah Rakyat” membangun eksistensi dan jaringan berita “Terkini dan Terpecaya”, dari berbagai sumber Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun swasta.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com