Rutan Lhoksukon Rusuh, Puluhan Napi Kabur

Rutan Lhoksukon Rusuh, Puluhan Napi Kabur

RADARINDO.co.id – LHOKSUKON : Kerusuhan kembali terjadi di rumah tahanan negara (rutan) Klas IIB Lhoksukon, di Desa Kampung Baru, Keca­matan Lhoksukon, Aceh Utara, sekitar pukul 16.00 WIB, Minggu (16/6). Akibatnya, puluhan narapidana (napi) melarikan diri melalui pintu utama rutan tersebut.

Saksi mata M Yusuf, yang juga warga Kampung Baru mengatakan, melihat langsung sekitar delapan orang napi yang mengenakan celana pendek dan kain sarung melarikan diri menuju ke perkampungan penduduk. “Mereka semua lari ke luar melalui pintu utama,” ujarnya.

Kejadian tersebut kata Yusuf, terjadi saat azan Salat Ashar berkumandang. Cuma Yusuf mengaku tidak mengetahui penyebab para napi melarikan diri dari rutan tersebut. “Para napi saat melarikan diri seperti dalam kondisi panik,” katanya.

Sumber lain menyebutkan, dari puluhan napi yang melarikan diri, sebanyak 24 orang telah berhasil ditangkap kembali oleh pihak kepolisian, Sipir dan TNI.

Pantauan di lokasi, polisi dari jajaran Polres Aceh Utara telah memasang garis polisi di pintu utama Rutan setempat. Sejumlah polisi berpakaian lengkap dan pakaian preman tampak menjaga ketat di pintu depan Rutan.

Pada saat itu, Polisi membawa satu napi yang berhasil ditangkap dan kembali dimasukkan ke Rutan setelah mendapat perawatan di Puskesmas Lhoksukon, yang lokasinya tidak jauh dari lokasi Rutan.

Kepala Rutan Lhoksukon, Yusnal saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, masih berada di lapangan untuk mencari para napi yang kabur.

Sedangkan Wakapolres Aceh Utara, Kompol Edwin Aldro yang berada di Rutan mengatakan, masih meng­hitung jumlah napi yang kabur. Kondisi kaca kiri jendela pintu utama Rutan Lhoksukon terlihat hancur, yang diduga sebagian napi kabur melalui jendela tersebut. Sejumlah napi yang berhasil ditangkap telah dimasukkan kembali ke dalam Rutan dan mereka dikumpulkan dalam satu ruangan kantor untuk didata kembali.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin kepada wartawan membenarkan peristiwa kerusuhan yang terjadi di Rutan Lhoksukon, yang menyebabkan kaburnya puluhan napi. (KRO/RD/ANS)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com