Festival Bakcang-Lamang Baluo Pecahkan Rekor MURI

Festival Bakcang-Lamang Baluo Pecahkan Rekor MURI

RADARINDO.co.id – Festival Bakcang dan Lamang Baluo yang digelar di Ka­wasan Kota Tua, Jalan Batang Arau, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sukses memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Anggota Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata Raseno Arya di Jakarta belum lama ini mengatakan, festival yang digelar pada 6-7 Juni 2019 itu mencatatkan rekor pembuatan Bakcang dan Lamang Baluo terbanyak untuk dua jenis makanan dari etnis Tionghoa dan Minang masing-masing 10 ribu.

“Sebanyak 10 ribu Bakcang dipamerkan di atas gerobak hias berkepala naga. Sedangkan 10 ribu Lamang Baluo berada di atas gerobak hias berkepala kerbau. Kedua makanan tersebut dibagikan kepada wisatawan yang datang,” katanya.

Ia mengatakan, untuk pertama kalinya dua budaya yang berbeda antara Tionghoa dengan Minang disatukan dalam upaya memecahkan rekor MURI.

“Selain mencatatkan rekor MURI. Festival ini diharapkan bisa menjadi contoh keberagaman dalam kerukunan dan menjadi pertama di Indonesia,” kata Raseno Arya.

Raseno juga menyebutkan, festival ini rencananya akan digelar setiap tahun dan dijadikan kalender pariwisata nasio­nal. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemko Padang untuk menyelenggarakan kegiatan yang dapat menarik wisa­tawan berkunjung ke Padang tiap tahun.

“Semua ada disini, ini menunjukkan persatuan dan kesa­tuan Indonesia dan event ini akan masuk ke dalam Calender of Event 2020. Apalagi ini menjadi event pertama pada libur lebaran, sehingga kian memperkaya keindahan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta kepada seluruh masyarakat jangan melihat jum­lahnya namun hakekat penghargaan tersebut menandakan perbuatan untuk Indonesia di mata dunia.

“Kegiatan ini untuk melestarikan dan menjaga budaya melalui jalur kuliner untuk senantiasa dirasakan oleh masya­rakat Indonesia bukan hanya di Kota Padang saja,” ujar Irwan Prayitno. (KRO/RD/ANS)

Koran Radar

KORAN RADARONLINE KR TV hadir sebagai media online dengan konten berita dan informasi terkini. KORAN RADARONLINE KR TV “Penyambung Lidah Rakyat” membangun eksistensi dan jaringan berita “Terkini dan Terpecaya”, dari berbagai sumber Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun swasta.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com