Koramil 20/Batahan dan Polsek Patroli Bersama Cegah Karhutla

Koramil 20/Batahan dan Polsek Patroli Bersama Cegah Karhutla

RADARINDO.co.id-Madina : Oknum petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20/Batahan, Sertu Edi Marwansyah dan Sertu P. Dongoran dari Polsek Batahan melaksanakan patroli bersama untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Hal ini sesuai info yang berhasil dihimpun dari sumber diseputaran Desa Kubangan Pandan Sari Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Senin, (27/5/2019).

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Jika langkah ini tidak segera dilakukan maka potensi kerusakan hutan semakin besar.

Ditempat yang sama, Batuud Pelda Yahya Harahap mewakili Danramil, beserta Babinsa Koramil 20/Batahan mengatakan, Kegiatan patroli tersebut di laksanakan dalam upaya mencegah terjadinya Pembakaran areal Lahan Perkebunan milik Pribadi maupun milik perusahaan yang tidak sesuai dengan Undang-undang RI.

Seperti yang dilakukan Babinsa 20/Batahan bersama Polsek Batahan, dimana yang masih wilayah teritorial Kodim 0212/TS, memantau dan mengawasi ke areal perkebunan masyarakat dan perusahaan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Pada Kesempatan tersebut, mereka menghimbau kepada masyarakat yang mengelolah lahan untuk tidak melakukan pembakaran skala kecil ataupun besar dilihat cuaca ekstrim saat ini, dimana Batahan sebagai kawasan perkebunan lahan gambut, sehingga di khawatirkan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kami minta kepada semua warga agar tidak melakukan pembakaran hutan. Terlebih lebih dicuaca ekstrim kawasan gambut sangat rentan,” ujar anggota Babinsa.

Pelaksanaan patroli selain guna mencegah karhutla di desa Pandan Sari, juga agar terjalinnya silaturahmi dan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan Babinsa dan Polsek Batahan, tutur Batuud Pelda Yahya Harahap saat di konfirmasi melalui telphone seluler, Senin (27/5/2019).

Kapolsek Batahan Iptu Pol Sapariono melalui Bhabinkamtibmas Batahan Brigadir Arfan mengatakan kegiatan Patroli Gabungan tersebut sangat mendukung sekali dikarenakan epek Kebakaran sangat merugikan sekali dilihat dari materi maupun nyawa manusia.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0212/TS, membenarkan kegiatan tersebut bersama Polsek Batahan. “Kegiatan itu dilaksanakan guna mencegah Karhutla, agar perusahaan yang memiliki lahan perkebunan dan masyarakat tetap waspada,” harapnya. (KRO/RD/Madina/Malik)

Koran Radar

KORAN RADARONLINE KR TV hadir sebagai media online dengan konten berita dan informasi terkini. KORAN RADARONLINE KR TV “Penyambung Lidah Rakyat” membangun eksistensi dan jaringan berita “Terkini dan Terpecaya”, dari berbagai sumber Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun swasta.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com