Now Loading

PERLUNYA MEDIA MASSA BAGI ORGANISASI PERGERAKAN

Image: PERLUNYA MEDIA MASSA BAGI ORGANISASI PERGERAKAN

RADARINDO.co.id – Oleh: Jacob Ereste IBARAT senjata pamungkas, media massa, apa saja bentuknya sangat perlu dan penting dimiliki oleh organisasi masyarakat yang yang ingin tampil dan mempunyai pengaruh kuat membangun organisasi.

Kecuali media maestrem sudah sulit diharap untuk berpihak pada organisasi pergerajan, media massa dalam bentuk cetakan dan online dapat menjadi andalan, tanpa harus tergantung pada media milik orang lain.

Karena dengan adanya media sendiri yang dimiliki oleh organisasi, akan memberi nilai tambah dalam penguatan serta penampilan organisasi. Begitulah betapa pentingnya peran media massa bagi suatu organisasi massa yang ingin terus melakukan pengembangkanagar  eksistensi organisasi dapat semakin besar pengaruhnya baik untuk jumlah anggota maupun perluasan jaringan kerjanya, sehingga bisa semakin diperhitungkan oleh semua pihak. Adapun langkah yang paling sederhana dapat dilakukan adalah mersiapkan para pengelolanya yang bisa dibagi dalam dua bidang utama, yaitu tata kelola redaksional dan tata kelola bidang usaha.

Untuk mempersiapkan para pengelola redaksi memang dapat dapat dilakukan sambil berjalan. Namun untuk para pengelola bidang usaha idealnya sudah bisa lebih profesional agar semua sistem kerja dapat dilakukan, meski tatap harus terus menerus ditingkatkan secara bertahap sambil melihat orientasi dari kecenderungan sigmen pasar yang hendak dijadikan disasar.

Itulah sebabnya pendidikan dan pelatihan hingga semacam diskusi redaksi perlu dilakukan lebih awal guna mempersiapkan penerbitan media massa yang bisa diharap mampu mensinergikan semua potensi organisasi yang ada. Adapun pilihan ideal untuk media yang lebih efektif dan efisien untuk dibuat adalah tabloid mingguan.

Bentuk media tabloid mingguan menjadi pilihan karena bentuk penampilannnya relatif mudah. Demikian pula dengan tenggang waktu penerbitannya, setiap minggu masih dalam liputan yang terjangkau, baik dari sisi pengelola dan pembiayaan maupun dari sisi kebutuhan dan kemampuan pembaca. Kalau pun kelak dirasa perlu ditambah bobot isinya, bisa dilakukan secara bertahap.

Penting dan perlu adanya media massa bagi organisasi yang ingin tumbuh dan berkembang agak lebih pesat, memang media massa memiliki posisi yang cukup strategis dan ideal untuk memperkenalkan organisasi kepada masyarakat luas. Bahkan para pengurus orgabisasi pun dapat memiliki kesempatan untuk tampil atau memanfaatkan aktualisasi diri sambil mensosialisasikan program yang hendak dilakukan agar masyarakat luas ikut terlibat dan mau memberikan dukungannya.

Adapun materi pokok yang paling mendesak  dalam pendidikan jurnalis terpakai seperti yang dimaksud panitia penyelenggara yang utama adalah pedoman pokok dari pekerja pers berikut hukum dan perundang-undangan tentang pers. Tentu saja kode etik pers pun perlu dipahami termasuk UU ITE.

Secara teknis kaidah penulisan berita, laporan dan beragam bentuk karya jurnalistik mulai dari opini hingga fiksi perlu juga dipahami jika tidak bisa untuk dikuasai. Karena hanya dengan begitu bentuk dan warna hingga karakter sajian dari karya khas seorang jurnalis menhadi enak dan perlu bagi pembaca.

Untuk lebih rinci ragam dan bentuk karya jurnalistik akan kita bahas pada sessi khusus nanti. Sebagai prolog, agaknya uraian diatas bisalah jadi penantik awal dari diskusi kita untuk memasuki tahapan teknis jurnalis terpakai seoerti yang dimiksud panitia penyelengara acara workshop ini. (KRO/RD/ANS)

www.radarindo.co.id
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com