Jokowi Tinjau Lokasi Bom Bunuh Diri Sibolga

Jokowi Tinjau Lokasi Bom Bunuh Diri Sibolga

RADARINDO.co.id : Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), meninjau lokasi bom bunuh diri di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (17/3).

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi turut didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, tokoh masyarakat Sibolga yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung, dan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk.

Presiden menyusuri gang tanah selebar sekitar satu meter untuk dapat sampai ke lokasi ledakan yang tinggal puing-puing. Setelah meninjau lokasi bom, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendatangi posko tanggap darurat ledakan bom.

Mantan Walikota Solo itu berbincang dengan seratusan warga yang rumahnya terdampak bom dan memberikan bantuan uang secara simbolis sebesar Rp1,4 miliar untuk warga korban terdampak bom bunuh diri.

“Setelah saya kembali ke Jakarta, saya akan perintahkan juga Menteri Sosial untuk datang ke sini, agar memulai pembangunan rumahnya. Saya minta Danrem dan Dandim membantu biar pengerjaannya lebih cepat,” ujar Jokowi di posko tanggap darurat.

Ia menyebutkan, bantuan tahap awal adalah untuk membangun kembali 155 rumah warga yang rusak. Diharapkan, rumah warga segera dibangun sehingga bisa ditempati kembali.

Menurutnya, porsi bantuan berbeda bagi rumah yang rusak berat, sedang dan ringan. “Tadi saya sudah berdiskusi dengan Walikota Sibolga, bahwa warga yang bangunan rumahnya rusak berat diberikan Rp 25 juta, rusak sedang Rp 5 juta, dan rusak ringan Rp 3 juta,” sebutnya.

Jokowi berharap, proses pembangunan dipercepat sehingga lokasi ledakan tidak kelihatan seperti lapangan dan menyebabkan rasa trauma bagi warga setempat. Tak lupa ia menekankan agar kerukunan antar umat beragama terus dijaga di Sibolga dan Tapanuli Tengah. (KRO/RD/WPD)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com