Evakuasi Lumba-Lumba Tersesat di Labuhanbatu Dramatis

Evakuasi Lumba-Lumba Tersesat di Labuhanbatu Dramatis

RADAR ONLINE.CO.ID : Penyelamatan lumba-lumba yang tersesat hingga ke sungai dangkal di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berlangsung dramatis, Jum’at (1/2) dinihari.

Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut harus bekerja keras dan membutuhkan kehati-hatian khusus untuk mengembalikan binatang eksotis itu ke habitatnya. Perjuangan akhirnya berbuah manis, tim berhasil membawa hewan menyusui tersebut melalui jalur darat menggunakan mobil dobel kabin milik BKSDA.

Petugas menempatkan satu terpal plastik di bak belakang mobil lalu diisi air secukupnya. Selanjutnya lumba-lumba diangkat dengan hati-hati dan dimasukkan ke mobil untuk segera dibawa ke Bagan Asahan melalui Kota Tanjungbalai.

Kelembaban tubuh mamalia cerdas tersebut harus tetap terjaga selama perjalanan dengan selalu menyemprotkan air dan melapisi tubuhnya dengan kain basah.

Begitu sampai di Panton, petugas menurunkan ikan menggunakan tandu khusus agar siripnya tidak tidak terluka. Kemudian menggunakan kapal kayu nelayan lumba-lumba dibawa ke laut dan dilepaskan ke habitat aslinya sekitar beberapa mil dari Dermaga Panton, Desa Baganasahan, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan.

Selama evakuasi berlangsung, petugas mengimbau masyarakat yang ramai melihat agar tidak berisik karena dikhawatirkan ikan tersebut stress. Petugas BKSDA Sumut, Dedi Tanjung mengatakan, lumba-lumba tersebut berjenis kelamin jantan dengan kondisi kesehatannya cukup stabil dan sehat didukung dengan pemberian vitamin khusus.

Dedi menyebutkan, sebenarnya lumba-lumba yang tersesat tersebut ada dua, jantan dan betina. Namun sayang, lumba-lumba betina mati sebelum dievakuasi karena diduga tidak mampu beradaptasi dan bertahan dengan kondisi sungai dan air tawar.

Sebelumnya, Minggu (27/1), sepasang lumba-lumba tersebut viral di media sosial karena muncul di alur Sungai Kualuh, Labuhanbatu Utara, yang sebelumnya tidak pernah terjadi. (KRO/RD/WPD)

Koran Radar

KORAN RADARONLINE KR TV hadir sebagai media online dengan konten berita dan informasi terkini. KORAN RADARONLINE KR TV “Penyambung Lidah Rakyat” membangun eksistensi dan jaringan berita “Terkini dan Terpecaya”, dari berbagai sumber Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun swasta.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com