Wabup Dairi Buka Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018

Wabup Dairi Buka Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018

KORANRADARONLINE.co.id-Sidikalang: Wakil Bupati (Wabup) Dairi Irwansyah Pasi SH resmi membuka Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2018, Senin (24/9) di Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang.

Berbeda dengan tahun lalu, kegiatan budaya tahun ini terlihat lebih meriah dengan berbagai kegiatan karnaval budaya dan fashion yang diikuti ratusan peserta dari berbagai etnis dan pelajar ikut menyemarakkan suasana dengan aneka atribut-atribut yang dibuat menarik.

Di acara pembukaan ini, Bupati Dairi dan Ketua DPRD tidak tampak hadir karena alasan tugas ke luar daerah dan memimpin penetapan anggaran P-APBD Dairi.

Pesta budaya ini berlangsung selama satu minggu dimulai, Senin tanggal 24 dan berakhir pada Sabtu 29 September 2018.

Kegiatan tahunan yang digelar selama 5 hari ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan daya kreatifitas, mendorong kesatuan bangsa, marangsang rasa memiliki terhadap daerah dengan keragaman budayanya, serta memberikan wadah untuk berekspresi.

Selain itu, kegiatan yang diyakini dapat menjaga nilai luhur budaya dan kearifan lokal masyarakat diharapkan mempunyai potensi meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Sumut. Selain itu, dapat menjadi hiburan yang menarik bagi masyarakat dan pengunjung yang singgah ke Kabupaten Dairi.

Pesta Njuah-Njuah tahun ini dimeriahkan berbagai kegiatan seperti Kirab Budaya, Fashion Karnaval, Pakpak Band Festival, Fashion Show, Traditional Game, Pagelaran Seni Budaya Pakpak.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dairi (Disparbud) Drs Leonardus Sihotang mengatakan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi.

Sementara itu, Drs Elisa Marbun yang mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menyampaikan bahwa di antara 9 kabupaten dataran tinggi di Sumut, Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi masih yang terbaik kualitasnya.

Dia berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan sehingga bisa menggenjot wisatawan ke Kabupaten Dairi.

Wabup Dairi Irwansyah Pasi, SH mengatakan Pesta Budaya Njuah-Njuah ini sudah semakin berkembang, namun masih ada kekurangannya yaitu belum adanya pembuat cendera mata untuk oleh-oleh yang dibawa pengunjung dari daerah ini. Karena itu, dia berharap agar pihak Disparbud Dairi memikirkannya untuk kegiatan selanjutnya. (KRO/RD/dairibaru)

 

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com